Perbandingan kali ini melibatkan dua motor sportbike kelas berat yang keduanya rilisan 2008. disebut kelas berat bukan hanya dari segi bobot, mesin ataupun kecepatan, tetapi juga dari performanya.
Babak 1 Test Dyno
Saat di test Dynojet 200i, Hayabusa unggul daya dari ZX.
Babak 2 Dimensi
Bobot Ninja ZX-14 lebih ringan, satu keuntungan Kawasaki.
Babak 3 Dragstrip
Adu dragstrip memungkinkan dua motor sama-sama diuntungkan dari sisi akselerasi. hanya saja Hayabusa unggul tipis 0,02 dari ZX.
Babak 4 Engine
Performa kedua motor seimbang. Kawasaki kuat di respon gas, sedangkan Hayabusa unggul jika di mode A.
Babak 5 Handling dan Stabilitas
Riding position Hayabusha lebih sporty, tapi sulit untuk kecepatan rendah.
Babak 6 Perlengkapan (Rem, Sok, Kopling)
Keduanya sama-sama punya plus minus, Suspensi seimbang, rem depan unggul Hayabusa, rem belakang unggul ZX.
Babak 7 Ergonomi, Kenyamanan, dan Style
Dari sisi handling Kawasaki unggul, dari sisi kenyamanan Hayabusa memimpin, sedang dari sisi style dan value seimbang.
Keunggulan
Kelemahan
Keunggulan
dan ini dia lawannya, kawasaki ninja zx 14R
(sumber:)
Babak 1 Test Dyno
Saat di test Dynojet 200i, Hayabusa unggul daya dari ZX.
Babak 2 Dimensi
Bobot Ninja ZX-14 lebih ringan, satu keuntungan Kawasaki.
Babak 3 Dragstrip
Adu dragstrip memungkinkan dua motor sama-sama diuntungkan dari sisi akselerasi. hanya saja Hayabusa unggul tipis 0,02 dari ZX.
Babak 4 Engine
Performa kedua motor seimbang. Kawasaki kuat di respon gas, sedangkan Hayabusa unggul jika di mode A.
Babak 5 Handling dan Stabilitas
Riding position Hayabusha lebih sporty, tapi sulit untuk kecepatan rendah.
Babak 6 Perlengkapan (Rem, Sok, Kopling)
Keduanya sama-sama punya plus minus, Suspensi seimbang, rem depan unggul Hayabusa, rem belakang unggul ZX.
Babak 7 Ergonomi, Kenyamanan, dan Style
Dari sisi handling Kawasaki unggul, dari sisi kenyamanan Hayabusa memimpin, sedang dari sisi style dan value seimbang.
Keunggulan
- Unggul dikecepatan puncak
- Mesin diperbaharui (oversquare)
- Rasio kompresi dinaikkan, daya meningkat
- Akselerasi dan pindah gigi smooth
- Ada tiga mode mesin
- Ergonomi Real-sportbike
- Perubahan Bodywork lebih banyak dari ZX
- Ada tambahan Stabilizer dan Slipper Clutch
Kelemahan
- Respon gas kurang
- Turun gigi agak berat
- Steering geometri bikin malas
- Kurang lincah di RPM rendah
- Agresif minim di tikungan twisty
- Harga lebih mahal dari ZX
Keunggulan
- Power naik di putaran rendah
- Peak power meningkat
- Emisi dan suara diminimalisir
- Gampang dipakai untuk biker pemula
- Akselerasi lebih ringan
- Pindah/turun gigi enteng
- Pengereman mantap
- Power lebih cepat didapat
- Dikeluarkan versi SE dengan special paint
- Bobot total lebih ringan dari Hayabusa
- Tuas kopling lebih berat dari Hayabusa
- Riding position kurang nyaman untuk endurance
- Posisi setang melelahkan
- Panas mesin masih terasa
dan ini dia lawannya, kawasaki ninja zx 14R
(sumber:)
No comments:
Post a Comment